X-Steel - Wait

Senin, 15 Oktober 2012

Potensi Wisata


Peninggalan Sejarah  dan Obyek Wisata
Di Kabupaten Karimun

            Ditinjau dari letak geografisnya, Kabupaten Karimun berada pada jalur lalu lintas perdagangan dunia Selat Malaka dan pada jalur transportasi perdagangan lokal dan berada di pusat pertumbuhan Batam dan Bintan. Karimun adalah sebuah pulau kecil yang terletak di tenggara Singapura atau 60 km arah barat dari Pulau Batam.
                       
 Foto : Karimun, sebuah pulau kecil terletak
               Di tenggara Singapura                 
  Pulau ini memiliki beberapa hotel yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Singapura. Sebagian besar pulau ini merupakan perbukitan yang diselimuti hutan. Karena potensi wisatanya tersebut, sektor pariwisata menjadi sektor andalan yang dapat dikembangkan di Karimun.

                       
                                    Foto : Karimun yang sebagian besar wilayahnya
                                              merupakan perbukitan yang diselimuti
                                              hutan
                       
            Pariwisata merupakan kegiatan yang mampu mewujudkan, mempertahankan, menumbuhkembangkan dan menghargai kebhinekaan yang ada di setiap suku bangsa di tanah air. Sektor ini juga mampu menjadi pendobrak di tengah masa sulit untuk bisa menciptakan pergerakan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, informasi mengenai obyek-obyek wisata di suatu daerah menjadi sarana penting bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk mencapai obyek-obyek atau daerah tujuan wisata yang ingin dikunjunginya. Kabupaten Karimun patut bersyukur dengan obyek-obyek peninggalan sejarah, keindahan alam, seni dan budaya yang dimilikinya. Semua keindahan tersebut dapat dinikmati dengan tersedianya bahan informasi yang mampu mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata ke Kabupaten Karimun. Oleh karena itu, informasi berikut, meskipun belum sempurna sebagaimana diharapkan namun dapat membantu masyarakat untuk memilih tujuan wisatanya di Kabupaten Karimun.
           
Kota Tanjung Balai Karimun

            Pusat keramaian di Pulau Karimun adalah Tanjung Balai yang merupakan kota pelabuhan. Tanjungbalai Karimun adalah ibukota Kabupaten Karimun. Sebagai sebuah ibukota, Tanjung Balai Karimun sudah dikenal oleh para pedagang sejak ratusan tahun silam. Di sepanjang kota bisa kita temui bangunan lama bergaya arsitektur khas etnis Melayu dan Tionghoa. Tanjung Balai juga merupakan pintu masuk menuju Karimun.
            Nama Tanjung Balai Karimun konon berkaitan erat dengan sejarah Kerajaan Riau-Lingga. Pada waktu itu, Raja Abdurrahman mengangkat Amir di Pulau Karimun, lalu dibangunlah balai-balai sebagai tempat pertemuan pembesar negeri dan disebut Balairung Sari. Oleh karena letaknya di tanjung sehingga terkenallah dengan nama Tanjung Balai seperti sekarang ini.

                                    Foto : Tanjung Balai Karimun,
                                              Ibukota Kabupaten Karimun
                       

Prasasti Pasir Panjang

Prasasti Pasir Panjang merupakan peninggalan bersejarah berupa batu tertulis. Tulisan yang terdapat pada batu ini terdiri dari tiga baris. Tulisan yang tertera merupakan aksara nagari dan berbahasa Sansekerta. Dari tulisan yang terdapat pada batu ini para ahli menyimpulkan bahwa tulisan itu mengandung arti “Pemujaan  kepada Sang Budha melalui Tapak KakiNya”. Prasasti ini dipercaya berasal dari abad IX-X Masehi. Sementara itu ada juga yang berpendapat berasal dari abad ke XI dan XII.
Prasasti Pasir Panjang terletak di lereng bukit batu granit di wilayah Desa Pasir Panjang. Prasasti ini ramai dikunjungi oleh turis dalam dan luar negeri. Bahkan banyak para peneliti yang mempelajarinya. Di samping itu prasasti tersebut dianggap tempat keramat bagi umat Budha sehingga ramai orang Tionghoa yang datang berziarah guna keselamatan dan meminta berkah. Prasasti ini merupakan potensi wisata yang sudah dikembangkan dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun.
                                    Foto : Prasasti Pasir Panjang terletak di
                                              lereng bukit batu granit di wilayah
                                              Desa Pasir Panjang

Mesjid Meral

Mesjid Meral merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berada di Karimun. Mesjid Meral bergaya arsitektur khas Melayu dan berusia ratusan tahun, tepatnya dibangun pada tahun 1301 Masehi. Untuk menuju mesjid diperlukan sekitar 10 menit dari kota Tanjung Balai.

                                    Foto : Mesjid Meral di Tanjungbalai Karimun

Mesjid Buru

Mesjid Buru merupakan mesjid yang tertua di daerah Karimun. Mesjid ini lebih dikenal dengan sebutan Mesjid Buru karena terletak di Pulau Buru. Mesjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Abdurrahman Muazamsyah (1883-1911). Jadi, mesjid ini sekarang sudah berusia lebih dari seratus tahun. Tidak diketahui secara pasti tahun berapa mesjid ini mulai didirikan. Mesjid Buru terletak di Desa Buru. Pada saat ini mesjid masih berfungsi dengan baik dan dapat menampung sekitar 100 orang jamaah.

                                    Foto : Mesjid Tertua  Karimun di Pulau Buru



Kelenteng Tua

            Kelenteng yang terdapat di Pulau Buru ini merupakan tempat sembayang bagi umat Budha di Pulau Buru dan sekitarnya. Kelenteng ini merupakan  tempat peribadatan pertama yang didirikan di Pulau Buru. Bangunannya terbuat dari batu dan semen. Menariknya, kelenteng ini letaknya berdekatan dengan Mesjid tertua Karimun di Pulau Buru. Sehingga dapat dikatakan toleransi antar umat beragama di Karimun sudah terjalin sejak lama.

                                    Foto : Kelenteng Tua di Pulau Buru

Sumur Tua
           
            Sumur tua di Pulau Buru ini memiliki keunikan yaitu mata airnya tidak pernah kering dalam kondisi cuaca apa pun. Sehingga airnya tetap dapat dijumpai dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk keperluan lainnya bagi sebagian masyarakat yang mempercayainya.


Foto : Sumur Yang Tidak Pernah Kering
          Di Pulau Buru


Makam si Badang

Makam Badang merupakan sebuah pusara tempat peristirahatan terakhir seorang hulubalang Kerajaan Riau-Lingga. Hulubalang ini bernama Badang dan mempunyai kekuatan yang sangat besar serta mempunyai kesaktian. Karena kekuatannya itu, maka ia berhasil menumpas rompak laut yang mengacau di daerah kekuasaan Kerajaan Riau-Lingga. Makam ini dikeramatkan oleh sebagian penduduk tempatan sebagai tempat meminta berkah dan keselamatan.


Foto : Makam Si Badang dikunjungi peserta
           Lawatan Sejarah 2007
Makam Keramat

            Makam Keramat terletak di kawasan Pantai Gading di Desa Gading, yang dapat ditempuh dari Tanjung Batu selama 30 menit melalui perjalanan darat. Keunikan dari Makam Keramat di Desa Gading ini adalah bila menaiki tangga ke arah makam maka jumlahnya tidak akan sama dengan hitungan anak tangga ketika menuruninya.

Pantai Pongkar

            Pantai Pongkar merupakan salah satu pantai terbaik yang dimiliki Karimun. Pasir Pantai Pongkar berwarna putih dan terletak di Kecamatan Tebing. Obyek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi lokal seperti taksi, bus, dan kendaraan roda dua lebih kurang  30 menit dari kota Tanjung Balai Karimun. Di sekitar objek terdapat panggung untuk atraksi kesenian daerah dan guest house untuk wisatawan yang ingin beristirahat atau menikmati suasana pantai lebih lama.
Foto : Pantai Pongkar
Air Terjun Pongkar Kecamatan Tebing

Air Terjun Pongkar adalah tempat menarik yang berdekatan dengan Gunung Jantan. Terletak di hutan lindung. Dari Tanjung Balai Karimun menuju Air Terjun  dapat dicapai dengan taksi, bus, atau bersepeda motor sekitar 30 menit dari Tanjung Balai Karimun. Terdapat rumah makan, taman rekreasi dan kolam renang yang kecil di sekitar air terjun. Taman rekreasi dan air terjun ini selalu dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal untuk bersantai. Untuk dapat mencapai ke lokasi Air Terjun, pengunjung harus berjalan menyusuri bukit yang mendaki. Di sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun bisa dijumpai sungai-sungai kecil yang airnya jernih.

Pantai Lubuk 

            Keistimewaan Pantai Lubuk adalah mempunyai kondisi alam yang berbeda dari pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karimun yaitu terdapat batu-batu besar dan banyak dijumpai hutan mangrove di sekitarnya. Pantai Lubuk terletak di wilayah Kecamatan Kundur. Untuk dapat mencapai pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Tanjung Batu dengan menggunakan motor atau mobil. Namun dapat juga ditempuh dari Tanjung Balai dengan menggunakan speed boat atau ferry dengan cara mencarter, dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Pantai Sawang

            Pantai Sawang terletak di Kecamatan Kundur Pulau Kundur. Pantai Sawang memiliki pemandangan yang sangat unik yaitu pantainya cukup panjang dan  sekitar pantai berbatasan dengan perkampungan yang sebagian besar penduduknya bercocok tanam atau nelayan. Keunikan lainnya adalah pengunjung dapat membeli telur itik untuk oleh-oleh sekembalinya dari Pantai Sawang. 

Judah Village

            Desa Judah memiliki panorama yang indah dan merupakan perkampungan nelayan yang masih asli. Untuk dapat mencapai desa ini dapat menggunakan speedboat selama 30 menit dari Moro. Namun bisa juga dicapai dari Tanjungbalai dengan menggunakan speedboat selama 60 menit.

Selain tempat-tempat peninggalan sejarah dan obyek wisata seperti tersebut di atas,  ada berbagai even menarik yang diselenggarakan sepanjang tahun di Karimun. Diantaranya festival Dangkong. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang bersifat promosi. Kegiatan-kegiatan itu juga diadakan tidak hanya untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai budaya Kabupaten Karimun sebagai bagian dari budaya nasional. Namun juga sengaja diadakan untuk menarik minat wisatawan baik domestik maupun asing.

Festival Dangkong
            Acara ini banyak diikuti oleh peserta dari mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan beberapa daerah di Kepulauan Riau. Pada festival ini pengunjung dapat menikmati sajian tarian, olah vokal dan musik Melayu dari para seniman, koreografer dan musisi yang menyuguhkan karya-karya terbaiknya.

Pantai Pelawan

Pantai Pelawan merupakan salah satu pantai terbaik di Karimun. Keistimewaannya terletak pada keberadaan pepohonan yang tumbuh lebat dan membentang di sepanjang pantai dan bibir pantai yang landai serta putih. Untuk dapat mencapai pantai ini, pengunjung dapat menggunakan taksi, bus, atau bersepeda motor sekitar 30 menit dari Tanjung Balai Karimun.

Sumber Mata Air Panas

Sumber Mata Air Panas ini terletak di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru. Sumber Mata Air Panas tersebut sudah dikelola dalam bentuk sebuah kolam, sehingga pengunjung lebih mudah untuk memanfaatkannya. Apalagi kolam pemandian air panas ini berada jauh dari kebisingan kota. Sehingga sangat cocok untuk relaksasi.  Di sekeliling kolam terdapat suasana perkampungan yang unik dan masih alami.

Kita semua harus menyadari penting nya kesehatan tubuh , oleh karna itu kita wajib menjauhkan hal hal yang membuat tubuh kita menjadi tidak sehat seperti Merokok.
Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena Merokok, maka suram atau bahkan bisa hancurlah masa depannya.
Pada masa remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan dengan Merokok. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna rokok yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.
Apakah kalian para Pemuda ingin hidup lama ? maka jauhilah dengan merokok. 1 kali hisap saja, asap rokok tersebut, langsung memecahkan 1 pembuluh darah. Bayangkan, saat ini pemuda – pemuda Karimun, yang telah merokok sejak masa kini, bayangkan 10 tahun kedepanya. Sudah berapa pembuluh darah yang pecah akibat rokok itu.
Maka dari itu Pemuda Karimun, harus meninggalkan hal – hal yang buruk bagi tubuh mereka. Sedikit tentang Judul Poster saya, ini lah Poster – poster yang saya tunjukan, supaya mendorong Pemuda Karimun tidak Merokok yang membahayakan diri nya.

0 komentar:

Poskan Komentar